Mengenal PIKI

Terpujilah Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus yang oleh anugerah serta kasihNya telah memimpin umat Kristen di seluruh muka bumi dari abad ke abad kepada kepercayaan akan penyelamatan dan pembaruan umat manusia melalui Tuhan Yesus Kristus.

Bahwa Allah telah dan tetap menghimpunkan umat Kristen sebagai umat Allah yang sudah diselamatkan dan diperbaharui didalam persekutuan gereja yang kudus dan Am.

Bahwa bersamaan dengan itu, Allah mengamanatkan kepada umat Kristen supaya dengan segala kekuatan rohani dan badani yang diterimanya dari Allah sendiri turut serta memberitakan dan mewujudkan penyelamatan serta pembaruan tersebut didalam kebutuhan umat manusia.

Bahwa pembangunan masyarakat Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45 adalah anugerah Allah sendiri yang dilimpahkan kepada bangsa Indonesia dan merupakan perwujudan dari hasrat dan perjuangan masyarakat Indonesia dalam usaha hendak memperbaharui dan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Bahwa umat Kristen adalah sebagai bagian integral pelaku sejarah perjuangan bangsa Indonesia terpanggil untuk mengisi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan kesadaran serta pengetahuan yang diterangi oleh penyelamatan dan pembaruan Allah didalam Yesus Kristus.

Untuk mengisi kemerdekaan itu demi tercapainya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 45, bangsa Indonesia telah sepakat melaksanakan pembangunan nasional sebagai pengamalan Pancasila dalam kerangka Wawasan Nusantara.

Untuk mewujudkan partisipasinya dalam pembangunan nasional sebagai pengamalan Pancasila, maka kaum Intelligensia Kristen Indonesia sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh rakyat Indonesia merasa terpanggil untuk menyumbangkan darma baktinya sesuai dengan keyakinan Iman Kristiani melalui Persatuan Intelligensia Kristen Indonesia yang didirikan di Jakarta pada tanggal 19 Desember 1963.