Sarasehan Toleransi

Posted by on 21 Dec 2016 in Kegiatan | 0 comments

Sarasehan Toleransi

Salah satu kegiatan merayakan hari jadi PIKI ke-53, DPD PIKI DIY telah menyelenggarakan Sarasehan dengan tema “Toleransi dalam Keberagaman Keistimewaan” pada Rabu, 21 Desember 2016 pukul 15.00 – 18.00 WIB. Kegiatan sarasehan ini diselenggarakan di Rg Dr. Harun Handiwijono Gedung Hagios lt. 3 Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW). Kegiatan ini terselenggarakan atas kerjasama antara DPD PIKI DIY, UKDW, RS Bethesda, dan FLPK (Forum Lembaga Pelayanan Kristen) Jateng DIY.

Sarasehan ini dihadiri sebanyak 70 orang yang merupakan perwakilan dari berbagai lembaga dan pers. Dalam sarasehan ini, dihadirkan beberapa pembicara antara lain: Sri Paduka Paku Alam X, Rektor Universitas Islam Negeri Yogyakarta (UIN), Rektor Universitas Sanata Dharma (USD), Rektor UKDW, Ketua KorWil ICMI DIY, hadir juga Dr. Zuli Qodir, Prof. Dr. Susetiawan SU. Sebagai moderator acara ini adalah Purnawan Hardiyanto, SE.

Latar belakang kegiatan ini adalah dari sejak didirikan, Negara Republik Indonesia ini terdiri dari gabungan suku, bangsa, bahasa, dan agama. Keberbedaan bukan menjadi hal yang asing bagi warga Negara Indonesia. Indonesia dibangun atas dasar kebersamaan dari berbagai perbedaan yang dimiliki, penghargaan terhadap kemanusiaan sangat dijunjung tinggi, keharmonisan, toleransi menjadi sikap yang mutlak dimiliki oleh anak bangsa ini.

Namun dalam beberapa kurun waktu terakhir ini sedikit terusik oleh berapa kasus-kasus kecil menyangkut kehidupan dan kebersamaan, riak-riak kecil tentang masalah intoleransi memicu konflik agama dan suku bangsa menjadi berita yang tak terkonfirmasi. Akhirnya menjadi provokosi yang menggerakkan sentimen gerakan masa.

Melihat gelagat ini, maka Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) Daerah Istimewa Yogyakarta bersama UKDW, RS Bethesda, dan FLPK Jawa Tengah dan DIY ingin menanggapi dan bersikap dengan jelas, melalui sebuah diskursus dengan tema “Membangun Rasa Toleransi dalam Rangka Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”.

Kegiatan ini bertujuan untuk bersama-sama menentukan pemahaman tentang strategi dan cara yang efektif untuk menumbuhkan rasa toleransi di tengah-tengah masyarakat dan bangsa Indonesia, secara khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *